Apa itu PLN? PLN = Personal/Professional Learning Network

Tulisan ini sengaja ditulis dalam bahasa Indonesia dengan harapan agar dibaca oleh sebanyak-banyaknya guru di Indonesia.

Apa itu PLN? Pertama kali saya mendengar dan membaca kata ini saya pun bertanya-tanya. Mungkin yang belum mengenal betul juga begitu. Bagaimana tidak. Karena di Indonesia ‘PLN’ lebih dikenal sebagai singkatan dari ‘Perusahaan Listrik Negara’. Nah, PLN yang ini tidak ada sangkut-pautnya dengan perusahaan listrik yang satu itu ya. Dalam dunia pendidikan PLN adalah kependekan dari ‘Personal Learning Network‘ atau ‘Professional Learning Network‘.

Mungkin para guru yang membaca tulisan ini sudah melakukannya tapi belum sadar bahwa itu adalah bagian dari PLN (seperti saya beberapa bulan yang lalu). Jadi, inti dari PLN adalah bagaimana guru memanfaatkan teknologi, internet, dan media sosial untuk mengikuti perkembangan dunia pendidikan terkini di dunia dan mendapat pengetahuan dan ketrampilan untuk meningkatkan profesionalisme (professional growth).    

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan teknologi, internet, dan media sosial. Pernah tidak suatu waktu kita merasa ada kesulitan dalam mengajar sementara tidak ada seorang pun yang bisa kita tanyakan pendapatnya? Berdasarkan pengalaman saya sendiri, biasanya saya akan browse internet dan mencari solusi akan masalah saya tadi. Hasilnya? Ternyata ada banyak sekali bahan di luar sana dan saya merasa sangat terbantu! Itu lah PLN.

Bagaimana cara membangun PLN? Jika kita sudah terbiasa browsing internet, sudah aktif menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, maka membangun PLN tidaklah sulit. Silakan tentukan langkah Anda sendiri atau buka tautan ini untuk tips-tips hebat cara memulainya: 50 Great Ways to Grow Your Personal Learning Network. Kalau untuk saya sendiri, ini yang selama ini saya lakukan dengan PLN saya:

  1. Facebook: saya menggunakan akun Facebook untuk berhubungan dengan guru bahasa Inggris, guru, dan pendidik di wilayah saya dan Indonesia. Seperti halnya di Facebook group dan Twitter, di sini saya suka membagi tautan, gambar, dan video yang berhubungan dengan English Language Teaching (ELT).
  2. Facebook Group: September 2012 saya memulai grup Facebook Indonesian English Teachers’ Club, di mana anggotanya adalah guru bahasa Inggris dari seluruh Indonesia. Di grup ini kami biasa mendiskusikan tentang belajar mengajar, event, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan bahasa Inggris.
  3. Twitter: saya menggunakan Twitter kebanyakan untuk mem-follow para ahli atau akun Twitter yang memfokuskan pada ELT dan bidang lain yang saya minati seperti educational technology (edtech). Dari sini saya banyak mendapatkan informasi tentang tren dunia pendidikan dunia, terutama yang berhubungan dengan ELT. Saya juga dapat secara aktif berinteraksi dengan para guru bahasa Inggris lain, di dalam dan luar negeri. Salah satu ‘forum’ diskusi di Twitter yang paling populer adalah #ELTChat yang diadakan tiap Rabu yang diorganisasikan oleh eltchat.org. Guru bahasa Inggris dari seluruh dunia bisa berpartisipasi di sini.
  4. Blog: dibuatnya blog Ms Neno’s Blog ini awalnya adalah untuk media saya merefleksikan kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan. Tetapi mulai bulan April ini, saya berusaha untuk terus aktif ngeblog, terutama setelah memahami lebih dalam apa itu PLN dan bagaimana ia bisa membantu meningkatkan profesionalisme saya. Fokus saya adalah membuat refleksi, berbagi pengalaman, teknik dan metode mengajar, serta hal-hal lain.
  5. LinkedIn: akun LinkedIn saya saya dedikasikan untuk membuat network dengan para profesional di bidang pendidikan, pengajaran bahasa Inggris, maupun di luar kedua itu. Walaupun bukan pengguna aktif, saya juga bergabung dengan beberapa grup yang berhubungan dengan ELT dan ada banyak diskusi menarik dan penting yang terjadi di sana.
  6. Paper.li: saya lupa kapan saya membuat akun Paper.li tapi terbukti ‘harian’ English Teaching and Learning Daily yang saya buat telah membantu guru maupun murid yang juga follower saya karena seringkali mendapatkan retweet dan favorite. Paper.li adalah salah satu cara terbaik untuk mengkurasi (curating) konten yang berhubungan dengan belajar mengajar bahasa Inggris. Konten bisa kita atur sesuai dengan pembaca yang ingin kita tuju – untuk harian saya, saya membuatnya untuk guru dan murid bahasa Inggris.
  7. Google Chrome Bookmark. Kenapa saya pakai Google Chrome untuk mem-bookmark laman-laman yang saya baca? Seharusnya saya tidak menggunakannya karena dengan begitu saya tidak bisa membaginya dengan orang lain. Saat ini saya masih dalam tahap belajar menggunakan Diigo. Di Diigo, laman-laman yang kita bookmark bisa dilihat oleh orang lain, dalam hal ini sesama guru yang mungkin mendalami bidang yang sama dengan kita. So… Wish me luck untuk yang satu ini…

Selain di atas, pembaca bisa menentukan mau menggunakan website atau media sosial pilihan Anda sendiri lo… Gambar di bawah ini cukup menjelaskan bagaimana media sosial digunakan dalam PLN:

Gambaran cara memanfaatkan media sosial sebagai PLN

Atau… Bisa juga nih tonton video keren yang satu ini, tentang bagaimana PLN itu penting bagi para pendidik, sehubungan dengan bagaimana di jaman informasi dan teknologi saat ini penguasaan teknologi telah menjadi syarat wajib dan utama menjadi seorang guru yang baik: You can’t be my teacher. Kutipan paling mengena ada di akhir video:

“Do you really think it is possible to be an educator in the information age and not understand and use the internet? Continue to pretend, maybe the internet is just a fad.”(Apakah Anda benar-benar berpikir adalah mungkin menjadi seorang pendidik di era informasi dan tidak memahami dan menggunakan internet? Terus saja berpura-pura, mungkin internet hanya sekadar demam sementara saja.)

Bagaimana? Mudah kan membuat PLN? Mulai dari sekarang yuk! Untuk membaca lebih banyak tentang PLN, kunjungi laman ini: Teacher’s Guide on Creating Personal Learning Networks.

Tulisan ini juga bisa dibaca di Guraru.org dan Kompasiana.com.

Image credit: educatorstechnology.com.

Advertisements

3 thoughts on “Apa itu PLN? PLN = Personal/Professional Learning Network

  1. Pingback: Diigo: ayo bangun perpustakaan onlinemu! | Ms Neno's Blog

  2. Pingback: List of free webinars for English teachers (plus some tips!) | Ms Neno's Blog

  3. Pingback: List of free webinars for English teachers (plus some tips!) • Guraru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s