Karena kebahagiaan tidak harus seragam kan?

Tiga tahun lalu, sewaktu saya memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan terakhir saya bekerja, orang-orang penasaran dan gagal paham kenapa saya berhenti (kan karyawan tetap, kan dapat gaji tetap, kan ada kesempatan karir). Beberapa orang yang saya temui pun menyayangkan, “Susah lho diterima di sana. Bukannya gajinya lumayan?” Dan banyak hal lainnya…

Entah kenapa sampai saat ini saya masih merasa dihantui dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Dan tidak sedikit yang mempertanyakan jalan hidup saya (mengelola bisnis kecil yang prospeknya “kurang jelas”), menyarankan saya untuk melamar kerja di perusahaan lain, atau bahkan secara terang-terangan menyuruh mengirimkan lamaran ke perusahaannya demi masa depan yang “lebih cerah”.

Sulit untuk menjelaskan keputusan saya, selain dengan alasan kehidupan yang seperti itu bukan untuk saya. Setelah dua tahun lebih bekerja untuk orang lain dan setahun bekerja di perusahaan terakhir, saya memutuskan untuk lebih banyak melakukan hal-hal yang saya suka, bukan apa yang orang lain minta saya untuk lakukan. Saya ingin menjadi saya, melakukan apapun yang saya mau.

Hingga kini saya masih suka gregetan seperti ingin mencari cara untuk benar-benar menjelaskan supaya mereka mengerti, “This is why!” Tapi rasa-rasanya sulit, terutama karena mereka bukan saya, dan saya bukan mereka. Sampai akhirnya tadi saya menemukan komik ini di laman Facebook seorang teman. Ini, ini! Seperti menjelaskan apa yang ada di dalam kepala saya. Ini lah alasannya kenapa! This is why!

Klik untuk ke sumber gambar

Karena kebahagiaan, tidak harus seragam, kan? 🙂

6 thoughts on “Karena kebahagiaan tidak harus seragam kan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s