Perpusda Bali: layanan yang buruk dan nasibmu kini

Tulisan ini adalah hasil kumpulan beberapa postingan saya di Facebook tentang Badan Perpustakaan & Arsip Pemerintah Provinsi Bali (disingkat Perpusda Bali), yang merupakan hasil kunjungan, pengamatan, dan pengalaman saya datang selama 3 kali selama bulan Juni lalu. Selain hasil pengalaman saya sendiri, di akhir tulisan akan saya tambahkan cerita dari beberapa teman lain mengenai pengalaman mereka mengunjungi perpus ini.

Sebelum ke hasil pengamatan, saya ingin menceritakan sedikit alasan saya berkunjung ke tempat ini untuk pertama kalinya dalam hidup. Selama ini sumber penyedia buku saya adalah toko buku – biasanya Gramedia. Ketika saya merasa ingin membaca buku baru, saya selalu pergi ke toko buku untuk membelinya. Tapi seiring dengan waktu, dengan semakin banyaknya buku yang ingin saya baca, kebutuhan akan buku saya meningkat.

Ini artinya biaya untuk membeli buku pun bertambah tinggi. Sementara bujet tidak juga bertambah. Harap diketahui rata-rata buku yang saya beli 3 sampai 5 per bulannya, tergantung dari topik/ tema dan ketebalan atau harga, dan rata-rata non-fiksi. Karena belum menemukan perpus swasta di Denpasar, saya berpikir untuk ke perpus ini, yang konon katanya terbesar di Bali (tentu karena tidak ada lagi alternatif lain).

Tapi alangkah terkejutnya ketika saya berkunjung, tidak saja fasilitasnya yang sangat minim, tapi keadaan diperparah dengan pelayanannya yang sangat tidak memenuhi standar pelayanan untuk tempat umum. Untuk lebih jelasnya, mari saya runutkan kronologi kunjungan saya yang cuma 3 kali itu (dan maaf beribu maaf, saya belum tertarik untuk kembali lagi, kecuali untuk protes atau bertemu dengan pimpinannya)…

Tanggal 15 Juni 2016, sore hari menjelang pukul 3 sore…

Perpusda Bali 1

Jam buka Perpusda Bali yang terlalu singkat.

Saya datang untuk pertama kali. Saya pikir saya ingin mampir setelah keliling menyelesaikan urusan. Di pintu depan saya sudah mewanti-wanti diri sendiri, jangan-jangan sudah tutup. Dan ternyata benar. Sewaktu masuk, petugas di loket penerima tamu mengatakan bahwa mereka sebentar lagi akan tutup. Akhirnya saya ke sana cuma untuk mengambil foto syarat keanggotaan untuk saya bawa di kunjungan berikutnya.

Cuma satu hal yang saya sesali dari kunjungan pertama saya ini: apa pihak pengelola perpus ini berpikir bahwa orang-orang yang datang ke perpus HANYA murid-murid sekolah dan mahasiswa yang tidak bekerja dari pagi sampai sore?  Maka jam bukanya begitu identik dengan jam buka kantor pemerintahan yang dikelola PNS yang (maaf) terkadang malas? Ini sungguh aneh dan sangat tidak menguntungkan pekerja.

Tanggal 16 Juni 2016, sekitar jam 2 siang…

Akhirnya saya berkunjung lagi. Kali ini dengan membawa syarat keanggotaan (pas foto 2×3 sebanyak 4 lembar) dan mendaftar. Kali ini saya sudah bisa meminjam buku (3 judul). Berikut hasil pengamatan berikut penilaian saya ketika masuk ke dalam:

Perpusda Bali 8

Saya bisa meminjam 3 buku dengan “kartu anggota” sementara.

Lokasi

Perpusda Bali sendiri berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 15 Denpasar, di pinggir jalan besar yang sibuk. Ini artinya dari segi bisnis dan pemasaran, serta akses dan visibility (mudah dilihat/ dicari), sangat menguntungkan. Tapi sayangnya pihak pengelola sepertinya kurang berinisiatif untuk menarik lebih banyak pengunjung ke tempat ini. Ini bisa dilihat dari sepinya perpus dan sedikitnya pengunjung tiap kali saya datang. 

Suasana

Dengan gedung yang tua, jangan berharap suasana yang modern. Bahkan rak buku, tempat duduk dan mejanya pun tua (termasuk mayoritas pegawainya). Tapi yang menyenangkan adalah suasananya sangat tenang. Ironisnya, yang paling berisik sendiri adalah ibu penjaga yang tiap 10 menit menjelang tutup mengingatkan bahwa perpus sebentar lagi tutup (padahal jam dinding di tempat itu juga tidak kurang jumlahnya).

Perpusda Bali 3

Salah satu lorong dengan rak-rak buku tua.

Buku

Beberapa kawan di Facebook sudah menyebut sebelumnya, kebanyakan koleksi buku lama. Lama di sini tidak hanya dalam artian buku (terbitan) lama, tapi koleksi buku lama yang sepertinya sudah ada di sana sejak dahulu kala dan koleksi ini jarang diperbarui dengan bukti hanya ada sedikit buku baru. Dan maksud saya dengan koleksi buku lama di sini bukan buku-buku kuno. Ini buku-buku yang ada di Ruang Baca Umum.

Tapi tidak menutup kemungkinan ada buku-buku baru walaupun sangat terbatas (beberapa judul dari Pramoedya Ananta Toer ada). Peletakan dan penyusunan buku agak berantakan, tapi kalau sabar dan telaten mencari, bakal menemukan beberapa permata di tumpukan lumpur. Peminjaman buku maksimal 3 judul dalam satu waktu (kurang banyak!) dan untuk 3 buku itu waktu peminjaman selama 2 minggu.

Perpusda Bali 4

Buku-buku tua yang tidak tertata rapi.

Teknologi

Jangan berharap ada sistem inventaris buku ber-barcode, karena tidak ada! Di Ruang Baca Umum di lantai 3, ibu petugas (yang saya bilang berisik tadi) mencatat berapa jumlah buku berdasarkan kategori yang dipinjam hari itu (di hari itu saya intip cuma ada sekitar 20 judul yang keluar; tidak banyak). Lalu saya ke bagian pendaftaran/ loket di lantai 1 untuk dicap tanggal pengembalian buku di bagian belakang masing-masing buku.

Saya bertanya apa ada sesuatu yang harus saya bawa waktu mengembalikan, petugas bilang tidak. Semua dilakukan secara manual. Bahkan di ruang baca waktu saya tanya apa bisa mencari buku di komputer, petugas mengatakan komputernya sedang error (di kunjungan saya yang ke tiga pun demikian). Sepertinya komputer yang digunakan bekas atau hibah yang sudah tidak memadai. Sejauh mata memandang tidak ada free wifi.

Oh ya, perlu saya tambahkan, website resmi Perpusda Bali sudah tidak diperbarui sejak tahun 2012. Jika permasalahannya adalah tidak adanya pegawai yang mumpuni untuk melakukan ini (karena seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, pegawai rata-rata sudah berumur), seharusnya tugas seperti ini bisa di-outsource asalkan pengelolaan tetap berasaskan profesionalisme (pihak perpus membayar orang untuk jasanya).

Ruang baca

Sejauh yang saya lihat ada 3 ruang baca yg bisa diakses publik: Ruang Baca Umum, Ruang Referensi, Ruang Baca Anak-Anak. Ruang Baca Umum dengan koleksi yang bisa dipinjam, Ruang Referensi tidak bisa. Sementara Ruang Baca Anak-Anak saya lihat dari luar cat dan dekorasinya terlihat kuno dan tidak terawat. Agak menyedihkan sebenarnya. Bahkan tidak ada karpet atau sejenisnya untuk tempat anak-anak bermain atau gegoleran.

Yang mengherankan, dengan demikian banyaknya ruangan (dan pegawai) bisa dibilang koleksi bukunya tidak banyak. Menurut website resminya, ada lebih dari 10.000 judul buku. Menurut UNESCO, lingkungan miskin di AS memiliki rasio jumlah anak dan buku sebesar 300: 1. Untuk Bali yang jumlah penduduknya di tahun 2015 sudah mencapai 3.9 juta jiwa, artinya rasio penduduk dan buku adalah 390: 1. Tapi yang lebih buruk adalah fakta bahwa masih sedikit sekali yang memanfaatkan keberadaan perpus.

Pegawai dan pelayanan

3 kali berkunjung dan satu hal yang pasti soal kualitas pelayanan: jangan berharap terlalu banyak. Anggap berkunjung ke kantor pemerintahan yang belum tereformasi. Ibu-ibu petugas sepertinya buru-buru ingin pulang dengan bicara keras-keras di ruang baca. Waktu ada 2 orang datang mendekati jam tutup, dengan sigap dia berseloroh, “Kok sore banget (datangnya)?” Atau waktu sehabis saya pinjam buku dan tak kunjung pergi, dengan “bersemangat” dia berkata, “Ya, yang sudah pinjam silakan langsung ke bawah. Besok lanjut lagi. Oh ya, besok bukanya sampai jam 1 ya!” Sungguh terlalu.

Keanggotaan

Biaya keanggotaan GRATIS. Tapi walaupun demikian, penggratisan ini bukan trik sulap yang serta merta membuat orang tertarik bekunjung dan membaca buku, terutama setelah kejadian yang menimpa saya di kunjungan ke tiga (cerita di bawah). Syarat keanggotaan cuma dua: pas foto 2×3 sebanyak 4 lembar dan fotokopi KTP. “Kartu anggota” (lihat wujudnya di foto di bawah) jadi di kunjungan berikutnya, dalam bentuk yang jadul.

Perpusda Bali 5

Ini yang pengelola sebut sebagai “kartu anggota” – 90-an banget!

Tanggal 22 Juni 2016, sekitar jam 2.30 siang…

Saya kembali lagi karena ingin mengembalikan buku-buku yang saya pinjam. Cukup tipis dan 1 buku terjemahannya kurang bagus, jadi saya tangguhkan untuk membacanya. Saya kembalikan buku-buku di loket di lantai 1 lalu menuju ke Ruang Baca Umum. Alangkah terkejutnya saya karena ditegur oleh petugas (total 3 orang) yang menyuruh saya menaruh tas jinjing saya di tempat penitipan di luar gedung, dekat tempat parkir.

Ini cukup tidak konsisten karena di kunjungan sebelumnya saya pun membawa tas backpack serut dan tidak ada satu pun yang protes. Di kunjungan kali ini pun ibu petugas di loket pengembalian tidak berkata satu patah kata pun mengenai tas yang saya bawa. Dan saya lihat sekeliling, tidak sedikit yang membawa tas juga. Tegurannya tidak menjadi masalah. Yang mengangetkan adalah bagaimana cara mereka menegur.

Ketika petugas ke dua di Ruang Baca Umum menyuruh (saya katakan menyuruh karena nadanya memang tidak menyenangkan) saya menaruh tas di salah satu ibu petugas yang duduk di sudut ruangan, saya menghampiri ibu itu dan bertanya apa benar ini tempatnya untuk menaruh tas. Dengan sangat ketus dan mata memicing seolah-olah saya punya dosa besar (mungkin mengganggu bengongnya dia), dia malah bertanya, “Siapa yang suruh?!” Detik itu juga saya langsung kehilangan selera untuk mencari buku.

Perpusda Bali 7

Maklumat Pelayanan yang pihak pengelola langgar sendiri.

Saya kembali ke loket di lantai 1, lalu mulai marah-marah ke petugas yang menangani pengembalian buku tadi. Saya minta sebuah kertas dan meminjam pulpen, untuk menulis saran. Anehnya, sepanjang kunjungan saya yang pertama sampai hari ini, tidak satu kali pun saya mendapatkan senyum tulus dari satu pegawai pun, walaupun tak jauh dari loket ada x banner berjudul “Maklumat Pelayanan” (lihat foto di atas).

Melihat saya marah, si ibu petugas ini tiba-tiba melunak dan mulai bisa tersenyum. Ada kehati-hatian dalam cara dia menimpali keluhan saya, begitu juga sedikit rasa takut. Yang mana sebenarnya tidak harus dia lakukan jika pegawai tidak ketus sejak awal. Yang membuat saya lebih kecewa, waktu saya ingin memasukkan kertas ke kotak saran, dia malah mengambilnya. Saya curiga tulisan saya tidak akan sampai ke mana pun. Dan yang paling penting: tidak ada satu pun kata maaf yang keluar dari mulutnya.

Itu lah kali ke tiga dan terakhir saya berkunjung ke Perpusda Bali. Niat awal saya adalah ingin menulis surat yang saya tujukan langsung pada pimpinannya dan saya serahkan di sana, tapi saya masih ragu dan memikirkan satu cara yang punya dampak lebih besar dan langsung, sekaligus mengajak masyarakat untuk menyadari pentingnya keberadaan perpustakaan. Jika pembaca ada masukan, silakan tinggalkan komentar.

Pentingnya perpustakan bagi masyarakat 

Satu hal, agaknya saya tidak perlu menguliahi lagi soal manfaat membaca. Mengembangkan imajinasi, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, kosakata, hingga memberikan hiburan, adalah sedikit dari banyak manfaat membaca. Kondisi sebuah perpustakaan daerah adalah cermin tingkat literasi daerah itu. Jika bisa dikatakan demikian, saya bisa dengan percaya diri mengatakan tingkat literasi Bali rendah.

Jujur, di kunjungan pertama saya sepulang dari Perpusda saya menangis. Kenapa? Apa yang saya lihat tiap hari di sosial media (online) maupun lingkungan sekitar (offline) entah itu masalah rasisme, kebiasaan membuang dan membakar sampah, pola pikir bebal dan susah maju, itu semua akarnya adalah kurang terbukanya wawasan masyarakat. Dan kunci keluar dari masalah-masalah ini tidak lain tidak bukan adalah pendidikan.

Dan yang saya maksud dengan pendidikan ini bukan gelar atau sekadar hadir di sekolah, tapi proses penyerapan ilmu, keterbukaan pikiran, penerimaan akan perubahan dan ide-ide baru, kemampuan menganalisa fenomena sosial dan menelusuri akar-akar masalahnya, serta menciptakan solusi yang inovatif berdasarkan logika dan ilmu pengetahuan. Untuk sampai ke tahap itu, perlu ada perubahan dalam mindset.

Sebelum sebuah masyarakat maju dan modern secara fisik, terlebih dahulu mereka harus maju dan modern sejak dalam pikiran, sejak dalam jiwa. Dan nutrisi atau makanan apa yang paling tepat bagi jiwa yang sakit dan rusak selain ilmu pengetahuan? Tiada lain tiada bukan sumber ilmu adalah buku. Kegiatannya kita sebut membaca dan kemampuannya kita sebut literasi. Inilah inti dari life long learning, proses belajar seumur hidup.

Perpusda Bali punya segala kekuatan untuk mengubah wajah masyarakat sekitarnya untuk menjadi lebih maju dan modern, tapi sayangnya mereka tidak menyadari kekuatan itu. Ketika untuk membeli bahan kebutuhan saja daya beli masyarakat masih rendah, jangan harap mereka akan berpaling untuk membeli buku. Maka tersedianya buku yang bisa dipinjam secara gratis adalah solusi yang tepat akan akses masyarakat terhadap buku.

Dan satu lagi, salah satu masukan berharga dari seorang teman yang tinggal di Pontianak, Kalimantan Barat (dengan pengelolaan perpusda yang jauh lebih baik daripada yang kita punya di Bali ini), salah satu tujuan adanya perpustakaan daerah adalah agar masyarakatnya bisa terus mengembangkan diri dari segi pengetahuan dan ketrampilan yang pada akhirnya memungkinkan dia berkontribusi lebih banyak untuk daerahnya.

Jika kita sering mengeluh sumber daya manusia kita yang tidak memiliki daya saing, mengapa kita begitu lalai dengan fasilitas yang seharusnya tersedia untuk masyarakat kita supaya mereka mengembangkan diri? Dan tentu perpustakaan tidak hanya melulu soal buku, ada banyak kegiatan lain yang bisa diinisiasi dari institusi ini, hanya saja jika dikelola dengan kecintaan tinggi (passion) dan profesionalisme. Itu harapan saya!

Cerita dari teman-teman

Bagian pertama: cerita teman-teman tentang Perpusda Bali

Rika, warga Denpasar:

Pertama kali ke Perpusda pas SD, sama Papa. Sekitar kelas 3 – 4 SD, sekitar tahun 1993 – 1994. Ke sana pinjam buku. Waktu itu kesannya tempatnya bagus, bukunya banyak. Mungkin karena masih kecil ya. Waktu SMA pernah ke sana lagi, untuk baca komik. Dan waktu kuliah (tahun 2007) ke sana lagi untuk cari bahan skripsi. Seingatku dari dulu tidak terkomputerisasi, banyak debu, peletakan buku tidak bagus, padahal banyak buku yang berkualitas, tidak dijual umum, langka. Dan seingatku pegawainya tua-tua. Dari SMA sampai kuliah rasanya tidak banyak berubah.

Perpusda Bali 9

Agaknya dari dulu hingga sekarang rak dan buku ini tidak berubah.

Muthiah, warga Denpasar:

Saya pernah punya pengalaman buruk di sana waktu mencari tanda tangan untuk sidang skripsi (awal 2016). Cuma satu tanda tangan dan sebuah surat, tapi mereka bersikukuh tidak mau memberikan dengan alasan-alasan yang tidak masuk akal. Lalu saya bilang kalau saya perlu untuk keesokan harinya, dengan nada tinggi. Salah satu pegawai tiba-tiba berubah jadi baik dan pergi ke atasannya untuk mem-print surat dan menandatanganinya. Beberapa teman yang berusaha sopan setelah ditolak oleh mereka, perlu seminggu untuk mendapatkannya. Saya menikmati pergi ke ke sana waktu kecil, tapi sekarang sepertinya saya tidak akan pernah mau kembali lagi.

Elida, pernah kuliah di Denpasar:

Aku lumayan sering ke sana tahun 2014 – 2015. Kesannya ya kesal. Karena perpusnya cukup berisik, terutama ibu-ibu yang jaga. Dia suka mengingatkan pengunjung mengenai jam tutup. Aku ya sudah tahu tutupnya jam berapa, jadi kesannya seperti mengusir. Wifi ada tapi tidak bisa diakses. Pelayanannya jadul, self-service. Kadang petugas tidak tahu rak buku yang dicari di mana. Pegawai jutek, seolah-olah kita yang merepotkan mereka. Koleksi buku tidak kunjung bertambah. Ada buku baru tapi dipajang di etalase depan dan digembok. Cara pinjamnya manual, tulis tangan.

Bagian ke dua: cerita teman-teman tentang perpustakaan di daerahnya

Menariknya, ada beberapa tanggapan menarik dari teman-teman di Facebook yang menceritakan tentang perpustakaan di daerah mereka masing-masing. Berikut saya ambilkan contoh satu dari dalam negeri, satu di luar negeri (Belanda).

Elisabeth, warga Pontianak, Kalimantan Barat: 

IF

Salah satu sudut Perpusda Kalimantan Barat

Sayang ya layanan perpusnya seperti itu. Kalau di Pontianak, layanannya membaik setelah kepala perpustakaannya diganti dengan orang baru yang sebenarnya bukan ahli perpustakaan, tapi beliau mau berusaha membuat lingkungan kerjanya jauh lebih baik. Jadi, mau tidak mau semua bawahan harus ikut visi beliau, sehingga perpustakaan di sini lebih menyenangkan. Koleksi buku baru diperbanyak, semua ruang baca full AC, disediakan ruang komputer, dan ruang serbaguna untuk umum, free wifi, bisa meminjam buku sampai jam 10 malam, dan ada fasilitas ruang belajar untuk umum dari pagi sampai malam, karena di sini jarang ada fasilitas umum yg buka 24 jam. Dan perpustakaannya sampai malam pun tetap ramai.

Banyak mahasiswa yang belajar di sana. Jadi, pemimpin itu sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan instansi yang dibawahinya. Jujur saya terkejut baca cerita Ms Neno bahwa perpustakaan di sana (Bali) begitu parah. Padahal, dalam studi pengembangan kawasan di Indonesia, Bali itu termasuk kawasan internasional loh. Seharusnya punya standar kualitas dan layanan yang lebih bagus untuk pendidikan supaya masyarakatnya bisa ikut berkarya dalam standar internasional. Kalbar ini termasuk dalam golongan kawasan terbelakang secara pendidikan loh, tapi terus berusaha supaya masyarakatnya makin pintar.

Di sini perpustakaannya berusaha menjangkau masyarakat ke tempat-tempat nongkrong. Perpustakaan menitipkan koleksi buku dalam sebuah lemari ke warung-warung kopi/ cafe supaya bisa dibaca semua orang. Judul-judul bukunya menarik dan baru. Jadi, sambil nongkrong orang bisa baca gratis. Mereka juga menyediakan perpustakaan keliling yang mampir ke sekolah-sekolah, penjara, dan berbagai tempat umum. Jadi pakai sistem “jemput bola” supaya makin banyak yang rajin membaca. Dan juga menyumbangkan/ mengatur koordinasi sumbangan paket-paket buku ke daerah-daerah pedalaman, juga dibantu LSM. 

Tambahan dari saya, website resmi Badan Perpustakaan, Kearsipan, dan Dokumentasi (BPKD) Provinsi Kalimantan Barat secara rutin diperbarui hingga sekarang. Sumber foto di atas: Perpustakaan Daerah Kalimantan Barat, Kunci Peningkatan IPM Masyarakat.

Ruri, warga Gouda, Belanda:

blogger-image-1349804047

Salah satu sudut Perpustakan Kota Rotterdam

Selain perpustakaan, di dalam gedung juga ada kafe di lantai 2. Total ada 6 lantai. Walaupun jam buka untuk akhir pekan bervariasi, tapi tiap hari buka. Di lobby ada concierge (penjaga pintu) yang setia menjawab pertanyaan pengunjung dengan ramah. Juga dipasang poster menampilkan program perpus selama bulan berjalan. Contoh kegiatannya: pembacaan buku (anak dan dewasa) oleh penulisnya sendiri, sale buku-buku perpustakaan yang sudah tidak terpakai, dan pemutaran film di ruang digital.

Centerpiece (hiasan di tengah ruangan) dipasang di tengah lobby sesuai tema buku yang akan dibacakan oleh penulisnya bulan ini. Juga touchscreen dan display tentang tokoh yang sedang diangkat untuk bulan ini. Tokoh bulan ini adalah Erasmus. Di meja-meja tempat meminjam buku tidak ada petugasnya. Kalau sudah selesai memilih buku-buku mana yang mau dipinjam, tinggal taruh di atas meja ini dan scan barcode-nya satu-satu. Ada juga ruang digital untuk CD, DVD, dan LP.

Keranjang belanja juga disediakan, kalau-kalau mau pinjam buku banyak. Setahu saya seperti di Gouda, jumlah buku yang boleh dipinjam tidak dibatasi. Di bagian anak-anak ada tribun untuk acara seperti pembacaan buku atau mendongeng atau drama kecil-kecilan. Di tiap lantai ada petugas yang rajin mengembalikan buku sesuai kategorinya. Di lantai dasar, ada permainan catur raksasa untuk warga senior.

Jika ingin membaca lebih lanjut tentang perpustakaan ini, silakan mengunjungi blog Ruri di Rotterdam Library atau Perpustakaan Kota Rotterdam. Saya belum pernah berkunjung ke sini, tapi kesan saya pribadi: inilah contoh perpustakaan yang dikelola oleh orang-orang yang punya kecintaan tinggi pada kegiatan literasi.

Rekomendasi untuk Perpusda Bali

Nah, setelah menceritakan tentang keadaan Perpusda Bali dan perbandingan dengan perpustakaan di daerah lain, saya bisa menyimpulkan rekomendasi di bawah ini (selain dari saya sendiri, ini juga termasuk masukan dari teman-teman):

  1. Jam buka diperpanjang, setidaknya sampai jam 10 malam, dan buka di hari libur. Karena kalau untuk umum, rata-rata orang sekolah, kuliah, kerja pagi dan siang.
  2. Perpustakaan dilayani oleh pegawai yang profesional. Memalukan sekali rasanya Bali sebagai pusat kegiatan pariwisata memiliki tempat umum dengan hospitality (keramah-tamahan) yang sangat rendah. Pegawai juga harus sering dilatih.
  3. Gedung diperbarui dengan disain interior modern. Kalaupun ingin mempertahankan ciri khas arsitektur Bali, sebaiknya dikombinasikan dengan sentuhan modern.
  4. Digitalisasi pelayanan, seperti penggunaan bar code untuk buku-buku, sistem pendaftaran online, serta akses online terhadap buku-buku digital.
  5. Ada ruangan main anak dengan buku-buku. Jadi anak-anak bisa belajar membaca dan mencintai buku sejak dini. Dilengkapi juga dengan toilet yang memadai.
  6. Yakin masih mau mempertahankan sistem penitipan tas? Bagaimana kalau memasang CCTV? Kalaupun keukeuh, cukup taruh loker di depan Ruang Baca.
  7. Bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama swasta, untuk menyelenggarakan acara-acara yang berhubungan dengan dunia literasi.
  8. Semua poin di atas mungkin terjadi kalau… Ada reformasi birokrasi.

Jika teman-teman pembaca ada yang punya pengalaman tentang Perpusda Bali atau cerita tentang perpustakaan di daerah Anda, silakan tinggalkan komentar atau hubungi saya. Tak lupa, jika teman-teman memiliki ide supaya tulisan ini bisa sampai di tangan pihak yang paling mungkin bisa melakukan perubahan di Perpusda Bali (siapapun itu, pemimpin perpus, anggota eksekutif atau legislatif provinsi, dsb), silakan kirimkan info.

Last but not least, jika menurut teman-teman sekalian tulisan ini menarik atau bermanfaat, tidak perlu sungkan untuk menyebarkannya seluas-luasnya. Agar makin banyak orang yang sadar bahwa perlu kerja keras dan kerjasama seluas-luasnya untuk memerangi musuh terbesar umat manusia: kebodohan. Sekian dan terima kasih.

Update: berikut saya sertakan tautan beberapa tulisan blogger mengenai Perpusda Bali.

Berkunjung ke Perpustakaan Daerah Bali (2009)

Koleksi Buku Pertanian Sedikit (2011)

Melali sambil Melajar di Perpustakaan (2014)

Advertisements

3 thoughts on “Perpusda Bali: layanan yang buruk dan nasibmu kini

  1. Pingback: Bali, Festival dan Literasi | candramertha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s