Tips membaca buku untuk pekerja yang sibuk

tips membaca buku

Source: facebook.com/activeenglishbali

Tulisan iseng-iseng tidak berhadiah ini saya dedikasikan kepada para pekerja yang tiap hari harus bekerja keras sampai seringkali tidak bisa meluangkan waktu untuk membaca buku. Ternyata kita masih bisa lo membaca buku walaupun sedang sibuk. Karena semua ada triknya. Hal apapun akan mungkin terwujud kalau ada niat sejak awal. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca buku karena sibuk ya… Berikut tips yang bisa diikuti:

  1. Pilih buku yang menjadi minat dan/ atau kebutuhan Anda. Misal: jika Anda seorang praktisi HR, buku tentang psikologi industri atau manajemen SDM akan sangat menarik dan berguna. Dengan begini akan ada motivasi lebih untuk membuka dan membaca buku itu, serta Anda tidak akan berpikir sedang membuang-buang waktu Anda yang sangat berharga. Ingat: Anda tidak perlu membaca semua buku di dunia ini. Jadi sebelum membaca, seleksi yang ingin Anda baca terlebih dahulu.
  2. Atau kalau untuk Anda yang suka membaca untuk mencari hiburan (karena banyak yang ingin “lari” dari beban kerja!), pilih buku yang menurut Anda akan menghibur Anda. Yang masuk dalam kategori buku yang Anda cari adalah fiksi, biografi, memoar, spiritual, pengembangan diri, travel, kuliner, lifestyle, hobi, dsb.
  3. Bawa buku yang sedang Anda baca kemana-mana (entah dalam bentuk buku fisik atau pdf di gadget Anda). Tujuannya adalah, ketika ada jeda di antara aktivitas lain (biasanya menunggu orang, sebelum meeting, dsb) Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca daripada melakukan hal-hal lain yang kurang bermanfaat.
  4. Setelah kerja atau sebelum tidur, luangkan sedikit waktu untuk membaca (saya biasanya 1 jam, 2 jam kalau saya beruntung). Selain “mengistirahatkan” otak Anda dari jenuhnya bekerja, membaca sebelum tidur bisa berfungsi untuk membuat refleksi diri dan me-reset pikiran. Bonus lain tentu ilmu yang lebih melekat.
  5. Last but not least, kalau ingin lebih termotivasi, bisa bergabung di book club (klub buku tempat orang-orang membaca buku dan membicarakan apa yang mereka baca) sesuai dengan minat Anda, offline atau online. Atau Anda bisa membuatnya sendiri di tempat kerja Anda sendiri. Fungsi bergabung dengan book club adalah untuk mendapat dorongan positif dan motivasi untuk terus membaca. Karena jujur, tidak ada yang lebih mengecilkan hati selain dihadapkan pada orang-orang yang tidak memahami manfaat membaca atau secara terus terang menyuruh Anda berhenti membaca! Saya pun pernah mengalaminya dan hal itu tidak menyenangkan…

Jadi bagaimana? Tidak ada lagi alasan untuk tidak membaca buku kan? Coba sekali lagi saya ingatkan apa saja manfaat membaca buku. Di antaranya mengembangkan imajinasi, kreativitas, kemampuan menganalisa lingkungan, berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, menambah kosakata, serta memberikan hiburan. Dan yang terpenting untuk orang yang bekerja adalah menambah ilmu dan meningkatkan ketrampilan sesuai dengan bidangnya. Tidak percaya? Silakan buktikan sendiri! Selamat membaca! 🙂

 

Advertisements

2 thoughts on “Tips membaca buku untuk pekerja yang sibuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s